Jumat, 19 Agustus 2016

Goa ikan, The Fascinating Lagoon

Kakaban, salah satu pulau di Berau yang wajib di kunjungi bukan hanya karena danau ubur-ubur tanpa sengat. namun juga Goa ikan yang menawarkan keindahan tersembunyi. Disini terdapat Goa pendek seperti terowongan yang menghubungkan air laut masuk ke dalam lagoon, lagoon adalah kumpulan air laut yang terpisah dari laut karena penghalang pasir, karang dan semacamnya (wikipedia). 

View Lagoon dari atas karang






Endless lagoon (Bang wito jadi modelnya)
   Jika air pasang maka lagoon ini terisi oleh ikan - ikan yang masuk bersama air pasang dari lubang goa, dan jika air surut , poof seperti akuarium yang sedang dikuras, banyak ikan- ikan cantik, coral, serta biota laut lainnya bisa kita lihat lebih dekat, tanpa harus menyelam, so exotic! 

Lil Coral

Coral cantik berwarna orange banyak terdapat di mulut Goa Ikan, I love the Color. Ada Angel Fish yang berenang malu- malu setiap sedang ambil gambar.

hey fishy !


Angel fish


Bintang laut 



Kolam air asin


Banyak keong sekitar pantai 

Masuklah lewat lobang Goa, panjang goa sekitar 3-4 meter dan tinggi goa sekitar 1- 1,5 meter jadi harus sambil menunduk saat berjalan di Goa.



Datanglah saat air surut saat siang menuju sore hari, tempat ini hanya bisa di akses dengan speedboat lewat jalur laut dan membutuhkan sekitar 20 menit dari Maratua.

Notes 

- Rincian perjalanan ada di ulasan Maratua I'am in love
- Pakailah sendal yang nyaman, seperti sandal gunung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar